Tha Ritha Tha Ritha

DIY: Nail Art Simpel

Apakah kamu penggemar setia nail art? Motif apa yang kamu sukai? Warna apa yang sering kamu pilih? Sebelum membahas lebih jauh, aku akan ulas secara umum dulu ya apa sih sebenarnya nail art itu?

Nail art adalah seni menghias kuku. Nail art ini bukanlah hal baru bagi kaum wanita, khususnya wanita yang tinggal di kota-kota besar. Para wanita yang ingin memperindah kukunya akan memanfaatkan nail art ini. Sebelum ada nail art, pemakaian kuteks sudah biasa dilakukan. Namun semakin berkembangnya kreativitas, membuat pemakaian kuteks biasa saja tidak cukup.

Nail art simpel bisa kita lakukan sendiri di rumah. Kamu hanya perlu menyiapkan kuteks atau cat kuku, stiker kuku, lem khusus kuku, swarovski, kuku palsu, terakhir jangan lupa siapkan top coat untuk mendapatkan hasil tahan lama. Kamu bisa menggunakan kuku palsu untuk bereksperimen jika kamu masih takut berkreasi di kukumu sendiri.

Tujuan nail art semata-mata adalah untuk fashion dan keindahan. Seperti yang kita tahu bahwa wanita adalah mahkluk yang suka bereksplorasi maka bagian terkecil pun juga harus terlihat cantik dan indah. Tentu hal itu juga bisa menambah rasa percaya diri.

Nah beberapa teknik yang sedang digandrungi saat ini adalah:

  1. Drawing
  2. Stiker
  3. Swarovski French
  4. Mix 

Perlengkapan nail art :

1. Nail Polish

Untuk para pemula kamu bisa mulai membeli nail polish. Pilihlah warna dasar seperti red, dark red, atau pink.

2. Base Coat/ Top Coat/ Remover

Kamu harus terbiasa menggunakan base coat sebelum kamu memakai kuteks. Base coat berfungsi untuk melindungi permukaan kulit agar tidak rapuh. Sedangkan top coat digunakan untuk melapisi saat sudah selesai. Serta sediakan juga remover untuk menghapusnya. Hindari untuk menghapus kuteks dengan cara di kerik ya. Remover kuteks kini tersedia dengan harga terjangkau.

3. Nail Art Time

Untuk mengahsilkan sebuah hasil karya nail art dibutuhkan skill dan kesabaran. Tanyakan pada diri kamu sendiri, apakah kamu termasuk tipe orang yang suka mengerjakan handmade? Atau kamu tipe orang yang suka praktis? Bila yakin suka yang handmade, kamu bisa berkreasi sendiri sesuai kreativitasmu. Sedangkan untuk tipe praktis bisa memakai nail art sticker.

4. Nail File dan Tools

Selain gunting, kikir kuku juga perlu kamu miliki. Biasakan untuk mengikir permukaan kuku setelah menggunting kuku. Mengikir permukaan kuku menjaga agar pori di bagian ujung kuku tertutup setelah proses pengguntingan kuku. Pori kuku yang terbuka adalah sumber penyebab kuku kamu kering dan rapuh di bagian ujung.

5. Quick Fix

Jika kamu bingung ketika nail polish kamu retak padahal kamu akan hangout bersama teman-teman kamu, kamu bisa menggunakan nail polish glitter atau shatter untuk memoles kuku yang lama. Langsung tumpuk permukaan yang lama. Apabila kamu memakai shatter, pilih warna yang contrast dengan warna dasar.

Langkah membuat nail art :

  • Sebelum kamu mulai mengecat, pastikan kuku kamu sudah terkikir dengan rapi dan bersih.  
  • Tentukan motif yang akan kamu lukis di kuku kamu. Sesuaikan dengan acara, kostum, dan aksesoris akan kamu pakai, sehingga nantinya akan terlihat matching. Motif bisa bervariasi, seperti fauna, flora, dan lain sebagainya. Mungkin kamu memerlukan kuas khusus untuk motif yang kamu inginkan sendiri. 
  • Langkah selanjutnya, lapisi kuku dengan base coat. Setelah kering lapisi dengan cat kuku dengan warna yang kamu inginkan sebagai dasar. Tunggu hingga kering. Baru setelah itu kamu bisa berkreasi melukis kuku kamu sesuai keinginan. Terakhir lapisi dengan top coat agar terlihat shiny dan lebih cantik.  
  • Kamu juga bisa menambahkan mani-manik kecil atau stiker lucu sesuai yang kamu inginkan. Disini kamu dituntut untuk kreatif membuat motif bagus.  
  • Jika kamu belum yakin, kamu bisa menggunakan kuku palsu untuk berkreasi. Jangan lupa kamu harus memastikan ukuran kuku palsu pas dengan ukuran kuku kamu.
  • Dengan menambahkan top coat 3 hari sekali akan membuat karya di kuku kamu awet lho. 

Nah itu tadi sedikit info tentang nail art. Semoga bermanfaat buat kamu yang berencana menghias kuku ya.

Related Posts